Wednesday, June 10, 2009

Apa Kabar, Krisis Ekonomi AS?


Memasuki separuh tahun 2009, AS masih terpuruk dalam krisis ekonomi yang belum juga menunjukan perbaikan. Semakin hari, warga AS—terutama masyarakat kelas menengah—dibayangi dengan tagihan, tagihan, dan tagihan yang terus berdatangan. Dow Jones dalam bebreapa waktu ini terus merosot drastis sekitar 900 basis poin dengan posisi indeks yang kini di bawah 7600, sesuatu yang sangat membuat riskan perekonomian di AS.

Joseph E. Stiglitz, peraih Nobel 2001, mengatakan tak ada satupun tanda-tanda yang menggembirakan dari kondisi saat ini kecuali penurunan harga minyak mentah dunia. Padahal, penurunan harga minyak mentah dunia trennya sudah di bawah USD50 per barrel. Fakta ini pada satu sisi mengancam stabilitas lain dari ekonomi, seperti harapan kosong pada negara-negara Timur Tengah sebagai pemasok utama minyak.

Angka pengangguran terus menanjak naik. Hanya di bulan Mei 2009, menurut New York Times, pengangguran naik menjadi 9,4%, atau sama dengan sekitar 345,000 pekerjaan yang bangkrut. Ini mimpi yang sangat bagi Amerika. Setiap malam mungkin lembaga keuangan menyita ratusan rumah dan kendaraan dari keluarga-keluarga Amerika karena gagal bayar. Efeknya, tenda-tenda pengangguran dan tuna wisma semakin luas komunitasnya.

Krisis ekonomi yang tidak menemukan titik terang ini menjadi bukti semakin shahihnya lumpuhnya kapitalisme di negeri Paman Sam. Jika diibaratkan, saat ini Amerika seperti tubuh yang mengidap berbagai penyakit kronis yang menyebar ke segala penjuru. Menurut sebagian para ahli, fenomena ini seperti kejadian gerhana atau melintasnya komet bagi para astronom, peristiwa yang memberikan gairah karena ia telah diteorikan dan di tunggu-tunggu.

Akankah AS bangkit dari krisis secepatnya? Sebagian besar rakyat AS masih menyimpan optomisme, dengan catatan, AS harus segera menghentikan perang di Afghanistan dan di Iraq yang terbukti tidak menghasilkan apa-apa. (sa/nyt-http://www.eramuslim.com/berita/dunia/apa-kabar-krisis-ekonomi-as.htm)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]