Wednesday, February 23, 2011

Ribuan Rakyat Yaman Tetap Serukan Ali Abdullah Saleh Untuk Mundur

Para pendukung pemerintah melakukan aksi tandingan dan mencoba untuk mengusir demonstran anti pemerintah dari sebuah lapangan di ibukota Yaman pada Selasa malam (22/2), saat puluhan ribu orang melakukan aksi unjuk rasa di seluruh negeri dalam kampanye menuntut pengunduran diri presiden Ali Abdullah Saleh dari kekuasaannya.

Pasukan pro-pemerintah sendiri akhirnya menarik diri dari alun-alun dekat Sanaa University. Sebelas pengunjuk rasa dibawa ke rumah sakit setempat, dua di antaranya dalam kondisi serius, pejabat medis mengatakan.

Presiden Ali Abdullah Saleh yang didukung AS, dalam kekuasaan selama 32 tahun, mengatakan bahwa ia akan mengundurkan diri setelah pemilu nasional yang akan diadakan pada tahun 2013. Namun dia telah menolak tuntutan pengunjuk rasa bahwa dirinya harus meninggalkan kantor pemerintahannya sekarang.

Aksi unjuk rasa menentang Saleh meletus awal bulan ini, sebagai bagian dari gelombang kerusuhan yang telah menyebar di seluruh dunia Arab.

Dalam beberapa hari terakhir, demonstran telah melakukan aksi lebih intensif, mereka mendirikan kemah-kemah di alun-alun kota dan bersumpah untuk tetap tinggal di sana sampai Saleh turun dari kekuasaannya. Taktik ini mengingatkan pada pemberontakan Mesir pada saat demonstran bertahan di alun-alun Kairo selama 18 hari,hingga mundurnya Mubarak dari negara itu.

Di Sanaa, ribuan orang berkumpul di kampus universitas sementara ratusan mendirikan kamp di sebuah lapangan di dekatnya.

Di kota Taiz, puluhan ribu demonstran berunjuk rasa di sebuah lapangan yang telah berganti nama menjadi "Tahrir Square." Ratusan orang telah berkemah di luar sana dalam beberapa hari terakhir, kata aktivis Ahmad al-Samie.

Pada hari Selasa malam, pengunjuk rasa mendirikan tenda lebih banyak dan dengan bersemangat menyalakan generator untuk menjalankan sebuah TV besar, kata al-Samie.

Ribuan orang juga berdemo di kota pelabuhan Aden. Sekolah-sekolah ditutup, karyawan pemerintah yang tinggal paling jauh dari tempat kerjanya mangkir bekerja dan pemilik toko di satu daerah menutup usaha mereka setelah membuka secara singkat untuk pertama kalinya dalam beberapa hari. (fq/ap)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]