Tuesday, February 15, 2011

Mubarak Jatuh, Posisi Syaikhul Azhar Akan Kembali Dipilih Bukan Ditunjuk

Syaikhul Azhar Dr. Ahmad Al-Thayyib menyatakan bahwa dirinya akan mengajukan permohonan kepada Komisi rancangan yang akan membentuk konstitusi baru Mesir, agar dalam waktu secepatnya untuk kembali menggelar pemilihan Syaikhul Al-Azhar yang bukan berdasarkan pengangkatan, perlindungan khusus, ataupun berdasarkan durasi tertentu.

Dr. Al-Thayyib mengatakan, ia tidak keberatan posisi Syaikhul Azhar dilakukan melalui pemilihan bukan pengangkatan, menunjukkan bahwa permintaan untuk pemilihan Syaikhul Azhar adalah salah satu prioritas atas pengangkatan dirinya dan ia telah lama menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan rencana ini.

Dia menjelaskan konstitusi saat ini telah dibatalkan, dan pengembangan konstitusi baru bagi negara akan menerapkan perubahan ini, sehingga pemilihan Syaikhul Azhar akan dipilih oleh panel para ulama senior serta para peneliti syariat Islam yang akan mencalonkan sekelompok ulama dan memberikan pendapat untuk memilih di antara mereka yang akan menjadi Syaikhul Azhar.

Posisi Syaikhul Azhar sebelumnya dilakukan lewat pemilihan oleh para ulama senior, namun hal itu dihapuskan setelah Mesir mengadopsi UU 103 bagi organisasi Al-Azhar pada tahun 1961. Perwakilan dari Ikhwanul Muslimin di parlemen Mesir juga telah pernah menawarkan proposal ke pemerintah yang akan membuat jabatan Syaikhul Azhar dipilih bukan diangkat, namun pemerintah mengabaikan proposal dari Ikhwan.(fq/islamtoday)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]