Thursday, February 17, 2011

Abdullah Gul: Seluruh Dunia Mendesak Israel Cabut Blokade Atas Gaza

Presiden Turki Abdullah Gul mengatakan bahwa para pemimpin dunia mendesak Israel untuk segera mencabut blokade atas Jalur Gaza, yang telah menyebabkan terjadinya krisis kemanusiaan seriusdi sana.

"Blokade yangterjadi di Gaza bukanlah tindakan yang sah, dan semua organisasi internasional mendesak semua pemimpin Israeluntuk mencabutembargo dan mengangkat blokade," kata Gul kepada Press TV dalam sebuah wawancara eksklusif.

"Para pemimpin dunia dari Presiden Obamahingga pemimpin Eropa - tidak hanya di sisi para pemimpin Muslim -menyerukan Israel untuk melakukan ini (mencabut blokade)," tegasnya.

"Jadi pasti masalah ini bukan hanya masalah Palestina atau bukan masalah hanya bagi orang Arab,ini adalah masalah semua umat Islam dan semua umat manusia yang benar-benar peduli tentang pelanggaran hak asasi manusia ... Oleh karena itu, Turki sangat sensitif dalam masalah ini, "kata Gul.

Situasi kemanusiaan memburuk di Gaza datangsetelah Juni 2007 ketika Israel dan Mesirmenutup perbatasan Gaza dan memperketat pengepungan di wilayah itu.

UNRWAPBB telah memperingatkan bahwa blokade Israel terhadap Gaza telah memburuk krisis kemanusiaan di tanah Palestina yangmiskin tersebut.

Perekonomian Gaza telah hancur oleh pengepungan dan serangan Israel selama 22 hari pada pergantian tahun 2009, yang memporakporandakan puluhan rumah, bangunan dan sebagian besar infrastruktur di wilayah itu.

Menurut angka PBB, perang telah merusak atau menghancurkan lebih dari 50.000 rumah, 800 unit industri, 200 sekolah serta 39 masjid dan dua gereja.

Perang juga menyebabkan lebih dari 1.400 orang - kebanyakan warga sipil - tewas dan puluhan ribu lainnya terluka. (fq/prtv)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]