Friday, February 18, 2011

30 Tahun Untuk Syaikh Qardhawi Kembali Pimpin Shalat Jumat di Mesir

Untuk pertama kalinya sejak ia dilarang dari memimpin shalat Jumat di Mesir sejak 30 tahun lalu, ulama Muslim terkemuka Syaikh Yusuf al-Qardhawi akan memimpin ribuan orang dalam shalat Jumat dari Kairo Tahrir Square pada hari Jumat ini (18/2).

Sumber mengatakan kepada Al Arabiya bahwa kekuatan militer akan 'mendampingi' presiden persatuan ulama muslim internasional ini dari rumahnya menuju ke Tahrir Square, untuk memberikan keamanan bagi pelaksanaan shalat yang ia pimpin dan menemani dia kembali ke kediamannya.

Syaikh Al-Qardhawi terakhir kali menyampaikan khotbah shalat Jumat di Mesir pada tahun 1981 setelah pembunuhan mantan Presiden Anwar el-Sadat.

Ulama Muslim terkemuka lainnya yang juga dilarang memberikan khotbah Jumat, seperti Abd al-Hamid Kishk, Syaikh Muhammad al-Ghazali (almarhum), dan Syaiikh Ahmad El-Mahallawi.

Syaikh El-Mahallawi belakangan ini kembali memimpin sholat Jum'at sewaktu revolusi rakyat di Masjid Ibrahim al-Qaed di Alexandria.

Syaikh Qardhawi menegaskan dalam panggilan telepon dengan German Press Agency bahwa dirinya yang akan memimpin shalat Jumat di Tahrir Square, dengan ratusan ribu orang diperkirakan akan hadir.

Beberapa anak Syaikh Qardhawi dan putrinya ikut ambil bagian dalam demonstrasi Tahrir menjelang penggulingan Mubarak. (fq/aby)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]