Monday, February 07, 2011

Revolusi Rakyat Mesir Masuki Hari ke-14


Bersamaan dengan revolusi rakyat Mesir yang telah memasuki hari ke 14, jutaan orang bersama dengan kelompok-kelompok oposisi melanjutkan aksi protes mereka menuntut mundurnya Presiden Hosni Mubarak dari jabatannya.

Mubarak berada di bawah tekanan pada hari Senin ini (7/2) untuk turun secepatnya pada saat demonstran anti-pemerintah di Kairo pusat Tahrir Square mengatakan mereka tidak akan mundur dari tuntutan mereka untuk adanya perubahan rezim di Mesir. Ribuan pengunjuk rasa menghabiskan malam mereka di alun-alun Tahrir meskipun adanya kehadiran militer.

Demonstran tetap mengalir ke jalan-jalan di ibukota Kairo meskipun adanya pembicaraan antara pemerintah Mesir dan partai oposisi yang tidak menghasilkan terobosan yang signifikan.

Kelompok-kelompok oposisi pada hari Minggu kemarin menganggap tawaran pemerintah belum cukup untuk memasukkan mereka dalam rencana reformasi politik. Ikhwanul Muslimin, kelompok oposisi utama Mesir, mengatakan Kairo telah gagal untuk mengatasi banyak tuntutan masyarakat.

Tokoh oposisi Mesir Mohamed ElBaradei mengatakan ia tidak diundang untuk melakukan negosiasi.

Sementara itu, permusuhan terhadap pemerintahan Obama meluas di kalangan para demonstran Mesir karena mereka menganggap Washington bertanggung jawab untuk berkuasanya Mubarak selama 30 tahun. Para demonstran mengatakan mereka tidak akan meninggalkan jalan-jalan di Mesir sampai Mubarak mundur.(fq/prtv)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]