Thursday, July 16, 2009

Tokoh Evangelis AS Usulkan Koalisi Muslim-Kristian

Tokoh Kristen Evangelis di AS, Pastor Rick Warren mengajak umat Kristen dan Muslim untuk bekerjasama melawan prasangka dan sikap saling curiga. Ia mengatakan, Kristen dan Islam adalah "dua agama terbesar di planet ini" dan para penganutnya harus mulai melakukan sesuatu untuk bersama-sama memecahkan persoalan global, mengembangkan sikap saling menghormati dan menciptakan perdamaian.

"Bicara saja memang mudah. Saya tidak berminat dengan dialog antar agama, saya hanya berminat dengan kerjasama antar umat beragama. Sudah saatnya kita melakukan sesuatu, sudah saatnya kita saling menghormati," kata Warren dalam pidatonya dalam konvensi tahunan organisasi Islamic Society of North American (ISNA) di Washington DC.

Warren datang ke acara itu sebagai undangan dan ia menyatakan siap menerima kritik dari kalangan agamanya sendiri karena telah menghadiri acara tahunan organisasi Muslim Amerika Utara itu. ISNA menghadirkan sekitar 300 tokoh yang akan memberikan ceramah yang terkait dengan berbagai isu yang menyangkut kehidupan komunitas Muslim di Amerika dan dunia, mulai dari masalah spiritual, ekonomi pembangunan, masalah keluarga dan perbankan.

Dalam pidatonya, Warren mengatakan umat Kristiani dan Muslim sering menjadi korban stereotipe. Oleh sebab itu, umat Kristiani dan Muslim harus berkoalisi untuk melawan stereotipe itu. dan bekerja sama memecahkan "lima persoalan global" yang mendesak seperti masalah kemiskinan, korupsi, wabah penyakit dan buta aksara dan perdamaian.

Namun Warren tidak menyinggung sikap anti-Muslim dan Islamofobia di AS yang kerap menyulitkan komunitas Muslim, terutama setelah peristiwa serangan 11 September 2001. Komunitas Muslim mengalami diskriminasi dan menjadi korban stereotipe baik dari sisi identitas mereka sebagai Muslim maupun terhadap agama Islam yang mereka anut.

Survei yang pernah dilakukan Pew Research Center for the People dan Press and the Pew Forum on Religion and Public Life menemukan fakta bahwa media massa telah memainkan peran yang besar dalam memicu sikap negatif masyarakat AS terhadap Islam dan Muslim.

Union for Reform Judaism (URJ), sebuah gerakan Yahudi terbesar di AS bahkan ikut mengecam media massa dan para politisi AS yang dianggap telah mendemonisasi Islam dan menampilkan wajah Islam sebagai "figur setan". Warren tidak menampik hal itu. Ia mengakui bahwa media berperan dalam menimbulkan sikap kebencian terhadap Islam dan Muslim untuk menimbulkan konflik.

"Cara paling cepat untuk menaikkan rating di televisi adalah dengan menciptakan konflik," ujar Warren memberi permisalan. "Saya mencintai tetangga-tetangga saya yang Muslim dan saya mengasihi Anda semua," tukas Warren menutup pidatonya di hadapan hadirin peserta konvensi ISNA. (ln/iol/aby)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]