Friday, August 14, 2009

Siapa Menguasai 13 Distrik Di Afghabistan?

Setidaknya, dalam waktu dua pekan sebelum pelaksanaan operasi di Helmand, pasukan asing di Afghanistan, melancarkan propaganda. AS dan NATO mengatakan pada media bahwa hanya 13 distrik yang dikuasai oleh Taliban—selebihnya wilayah Afghanistan berada dalam kekuasaan mereka.

Karena itu, untuk bisa menguasai 13 distrik dari Taliban, AS melancarkan operasi yang bernama Pedang Khanjar di provinsi Helmand.

Tapi apakah berhasil? Dunia internasional menyaksikan bahwa operasi militer ini gagal total, dan berita kegagalan mereka tersebar di seluruh dunia. Sebaliknya, mereka tidak hanya gagal menguasai 13 distrik tersisa, tapi juga kehilangan 3 distrik yang mereka kuasai selama menjalankan operasi.

Bahkan, beberapa wilayah jatuh dari pemantauan mereka. Tentara asing yang tewas pun dilaporkan semakin meningkat.

Setelah semua itu terjadi, herannya, para tentara asing di Afghanistan masih saja berkoar bahwa mereka akan tetap melancarkan operasi yang lain. Bahkan mereka bersikukuh ingin menjalankan perang ini sampai beberapa tahun ke depan. Padahal, secara fakta, pasukan asing sendiri telah menyaksikan bahwa mereka lemah, ketakutan, dan mengalami berbagai kegelisahan selama berada di Helmand.

Para tentara Inggris, misalnya, menuntut untuk segera pulang, alih-alih pemerintahnya menyatakan Inggris akan berada di Afghanistan selama 40 tahun lebih lagi.

Jadi tampaknya, yang menguasai 13 distrik sudah akan berubah, menjadi 16 distrik, dengan para pejuang Taliban yang bersiap-siap menyambut segala penjajahan yang datang di bumi mereka. 20 Agustus hanya tinggal hitungan 8 hari lagi: dan tampaknya distrik-distrik yang dikuasai Taliban akan semakin banyak saja. (sa./qmmh)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]