Tuesday, May 26, 2009

Medan Untuk Menjelajahi Kehidupan Muslim Amerika

Kemajuan teknologi tak pelak lagi ikut memajukan dakwah Islam. Internet sebagai salah satu keajaiban pada abad 21 ini turut berperan dalam membantu penyebaran dakwah Islam yang tidak dibatasi sekat-sekat wilayah, dengan internet dakwah bisa menjangkau seluruh penduduk bumi dimanapun mereka berada selagi disana ada koneksi internet - secara langsung. Dalam hitungan detik sebuah pesan dakwah bisa kita sampaikan keseluruh dunia.

Adalah seorang muslim Amerika bernama Shahed Amanullah 41 tahun telah mencoba manisnya dan mudahnya berdakwah lewat internet.

Dari rumahnya di Austin, Shahed Amanullah telah menjalankan enam situs populer yang mengeksplore topik-topik yang menarik bagi umat Islam seluruh dunia khususnya Amerika - dan dua situs lagi akan segera dia luncurkan untuk melengkapi ke enam situs nya yang telah lebih dahulu online.

Sebagai seorang senior proyek manajer di sebuah perusahaan enjinering, Amanullah yang kelahiran Amerika itu telah membangun sebuah mini kekaisaran internet baru. Situs-situsnya termasuk satu yang mereview restoran-restoran Halal yang ada di Amerika serta menjelaskan keberadaan masjid-masjid.

Pada catatan yang lebih esoteric, dia memiliki situs web terbaik untuk umat Islam menulis di internet dan situsnya juga mengeksplorasi persoalan jender di dalam Islam. Dan situs tersebut adalah Altmuslim.com, sebuah forum untuk muslim dan non muslim membahas isu-isu kontemporer, bahkan isu kontroversial, topik-topik yang berkaitan dengan Islam seperti: kasus terorisme, politik, budaya maupun komedi.

Dalam sebuah wawancara dengan Washington Post, Amanullah menjelaskan salah satu alasan mengapa ia mendirikan situs altmuslim.com. Dia menjelaskan sejak peristiwa 9/11. Masyarakat non muslim tidak bisa mengerti apa yang mereka lihat dengan umat Islam dan umat Islam disisi lain berpikir mengapa orang di luar Islam begitu takutnya terhadap Islam. Kedua belah pihak tersebut saling serang satu sama lain. Dan untuk itulah salah satu alasan dirinya mendirikan situs altmuslim.com.

Situs altmuslim.com sengaja dibuat bukan hanya untuk umat Islam namun juga untuk non muslim. Amanullah menegaskan bahwa tugasnya bukan untuk menjelaskan bahwa umat Islam itu sempurna. Tetapi dia menjelaskan bahwa tugas nya adalah untuk meyakinkan umat lain bahwa umat Islam juga manusia yang bisa berbuat salah dan jangan melihat Islam dari umatnya.(fq/wp) (http://www.eramuslim.com/berita/dunia/sebuah-tempat-untuk-mengeksplore-kehidupan-muslim-amerika.htm)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]