Wednesday, May 27, 2009

Ahmadinejad Tantang Obama Debat di PBB

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, menyatakan akan mengundang Presiden AS Barack Obama untuk melakukan debat jika ia terpilih lagi sebagai presiden dalam pemilu Iran, Juni mendatang.

Dalam keterangan persnya dengan wartawan asing hari Senin kemarin, Ahmadinejad mengatakan, ketika berkunjung ke markas besar PBB ia pernah menantan Presiden George W. Bush untuk berdebat tentang isu-isu global dan hal serupa akan ia lakukan dengan presiden baru AS, Barack Obama.

"Kali ini, jika saya terpilih lagi sebagai presiden bangsa besar, Iran, saya akan menyampaikan undangan pada Presiden Obama sekali lagi, untuk melakukan debat terbuka di markas besar PBB," kata Ahmadinejad.

Tantangan debat itu dilontarkan Obama di tengah makin meruncingnya hubungan kedua negara terkait program nuklir Negeri Para Mullah itu. Sikap Obama yang menawarkan penyelesaian pertikaian dengan cara diplomasi langsung dengan Iran, bertentangan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah AS terhadap Iran. AS masih menerapkan isolasi bahkan memperluas embargonya terhadap Iran.

AS menunda dialog dengan Iran yang tadinya akan dilaksanakan bulan Februari lalu. AS menyatakan dialog baru akan dilakukan setelah pemilu di Iran bulan Juni mendatang. AS nampaknya menunggu siapa yang akan terpilih menjadi presiden baru Iran. Entah permainan licik apa lagi yang akan dimainkan AS di Iran. (ln/prtv)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]