Thursday, December 11, 2008

Indikator haji mabrur


وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ اِلاَّ الْجَنَّةُ“
Haji mabrur itu tidak ada balasannya kecuali surga.” (riwayat: al-Bukhari)

Antara indikator individu yang berjaya mendapat haji mabrur ialah:
i. Patuh melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, patuh melaksanakan solat, membayar zakat, sungguh-sungguh membangun keluarga sakinah mawaddah dan wa rahmah, selalu rukun dengan sesama umat manusia, sayang kepada sesama makhluk Allah SWT.
ii. Konsisten meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah SWT, terutama dosa-dosa besar, seperti syirik, riba, judi, zina, khamr, korupsi, membunuh orang, bunuh diri, bertengkar, menyakiti orang lain, khurafat, bid'ah dan sebagainya.
iii. Gemar melakukan ibadah wajib, sunat dan amal shalih lainnya serta berusaha meninggalkan perbuatan yang makruh dan tidak bermanfaat.
iv. Aktif dan berkorban memperjuangkan Islam, berda'wah kepada Islam dan istiqamah serta sungguh-sungguh dalam melaksanakan amar ma'ruf dengan cara yang ma'ruf, disamping melaksanakan nahi munkar tidak dengan cara yang munkar.
v. Memiliki sifat dan sikap terpuji seperti sabar, syukur, tawakkal, tasamuh, pemaaf, tawadhu dan lain-lain.vi. Malu kepada Allah SWT untuk melakukan perbuatan yang dilarang-Nya.vii. Semangat dan sungguh-sungguh dalam menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan terutama ilmu-ilmu Islam.
viii. Bekerja keras dan tekun untuk memenuhi keperluan hidup dirinya, keluarganya dan dalam rangka membantu orang lain serta berusaha tidak membebani dan menyulitkan orang lain.
ix. Cepat melakukan taubat apabila terlanjur dalam melakukan kesalahan dan dosa, tidak membiasakan diri serta proaktif dengan perbuatan dosa, tidak mempertontonkan dosa dan tidak selesa dalam setiap aktiviti insan yang berdosa.
x. Bersungguh-sungguh memanfaatkan segala potensi yang ada pada dirinya untuk menolong orang lain dan menegakkan "Izzul Islam wal Muslimin".

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]