Tuesday, July 06, 2010

5 Negara Uni Eropa Serukan Untuk Akhiri Blokade Gaza


Lima negara Eropa menyerukan dilaksanakan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan blokade terhadap Jalur Gaza segera diangkat.

Pada hari Senin kemarin (5/7), menteri luar negeri Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Inggris membuat pernyataan yang menggarisbawahi perlunya perubahan mendasar kebijakan yang mengarah ke solusi yang efektif terkait dengan situasi di Gaza, sesuai dengan Resolusi DK PBB 1860," kata menteri Luar Negeri Italia dalam sebuah pernyataan, AFP melaporkan.

Lima negara ini juga mengatakan mereka berharap langkah-langkah yang mereka umumkan oleh pemerintah Israel akan segera dilaksanakan," mengacu adanya dugaan keinginan Tel Aviv untuk mengendurkan pembatasan pada masuknya barang pasokan bantuan ke Gaza.

Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero mengatakan sebelumnya pada hari itu bahwa para menteri luar negeri Spanyol, Perancis, dan Italia akan mengunjungi Gaza bulan ini untuk memeriksa rencana pencabutan blokade Gaza.

Namun, gerakan perlawanan Palestina Hamas mengatakan bahwa Israel memutuskan untuk mengangkat pembatasan terhadap masuknya barang-barang konsumsi ke Gaza, hanya untuk mengurangi tekanan dari masyarakat internasional setelah serangan terhadap armada kebebasan, di mana pasukan Israel menewaskan sembilan warga Turki di kapal MV Mavi Marmara.(fq/prtv)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]