Thursday, May 12, 2011

"Hari Singkirkan Sisa Rezim Mubarak dari Mesir" Jumaat Esok


Demonstran Mesir merencanakan aksi terbaru pada Jumat depan, dengan menamakan aksi mereka sebagai "Hari untuk menyingkirkan sisa-sisa Rezim Mubarak dari Mesir."

Mantan wakil ketua Pengadilan Kasasi Mesir, Mahmoud El Khodeiry pada hari Selasa kemarin (10/5) menyerukan kepada semua warga Mesir, termasuk Muslim dan Kristen, untuk ikut mengambil bagian dalam aksi protes pada hari Jumat mendatang di Tahrir Square, surat kabar Al-Youm Al-Sabi melaporkan.

Seruan untuk aksi massa datang tiga hari setelah bentrokan sektarian antara aktivis Salafi dan Kristen Koptik di ibukota yang setidaknya menyebabkan selusin orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Pejabat Mesir mengatakan sisa-sisa elemen dari rezim mantan Hosni Mubarak berada di balik bentrokan mematikan yang baru-baru in terjadi.

Dia menambahkan bahwa unsur-unsur rezim Mubarak berusaha untuk mencegah revolusi dari mencapai tujuannya.

Sejak pengusiran Mubarak dalam revolusi Februari, warga Mesir secara rutin menuntut dibersihkannya pemerintahan dari antek-antek Mubarak.

Sementara itu, ribuan demonstran dijadwalkan menggelar aksi di luar gedung televisi pemerintah di ibukota Kairo pada hari Rabu ini (11/5), dalam menanggapi bentrokan sektarian mematikan yang terjadi Sabtu lalu.

Para pengunjuk rasa akan menuntut sebuah gereja yang dibakar di distrik Imbaba Kairo dibangun kembali dan orang-orang di balik kekerasan sektarian segera diadili.

Mereka juga akan mendesak pengunduran diri kepala dewan penguasa militer negara itu, Marsekal Hussein Tantawi, mengatakan militer gagal melindungi warga negara.(fq/prtv)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]