Monday, November 01, 2010

Anti Jilbab, Jenderal Turki Boikot Acara Kepresidenan

Presiden Turki Abdullah Gul dan istriPresiden Turki Abdullah Gul dan istri

Kepala tentara Turki memboikot upacara resmi di istana kepresidenan karena istri presiden mengenakan jilbab, pers melaporkan Sabtu lalu.

Ketidakhadiran jenderal militer Jumat malam lalu sangat mencolok pada sebuah pesta yang diselenggarakan oleh Presiden Abdullah Gul untuk memperingati pembentukan negara modern Turki sekuler pada tahun 1923.

Militer menyelenggarakan resepsi yang terpisah pada saat yang sama untuk memberikan para jenderal alasan untuk tidak menerima undangan presiden, kata laporan itu.

Kelompok sekuler oposisi utama dari Partai Rakyat Republik (CHP) juga menolak undangan dari presiden Gul.

Ibu negara Turki telah mengenakan jilbab, yang meliputi kepala dan lehernya, sejak masih remaja.

Boikot yang dilakukan jenderal militer tersebut menuai kritik dari Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan, yang istrinya juga memakai jilbab.

Jenderal militer, yang menyatakan diri mereka sebagai penjaga republik sekuler Turki, menganggap jilbab sebagai ancaman terhadap tradisi sekuler Turki dan terhadap segala relaksasi larangan memakai jilbab di sekolah-sekolah dan gedung-gedung pemerintah.

Hayrunnisa Gul dan Emine Erdogan, serta sejumlah istri lain dari pemimpin penguasa dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), semuanya memakai jilbab yang benar-benar menyembunyikan leher dan rambut mereka.

Erdogan, yang telah memimpin pemerintahan dari partai yang berakar Islam sejak tahun 2002 mencela para jenderal, dengan mengatakan "angkatan bersenjata harus tetap hadir" di istana presiden.

Di masa lalu, para jenderal menghadiri jamuan makan untuk merayakan pendirian republik Turki, tapi tahun ini presiden memperpanjang undangan untuk para istri, yang berarti bahwa perempuan atau istri pejabat yang mengenakan jilbab juga turut hadir.

Gul, mantan kader AKP, telah menekan untuk mencabut larangan jilbab sejak ia mengambil alih kantor pemerintahan presiden Turki.(fq/afp)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]