Sunday, June 12, 2011

Ulama Mesir Mendesak Mubarak Segera Diadili


Shalat Jumat yang dilakukan di Kairo Tahrir Square Jumat kemarin (10/6) kemarin menyerukan pengadilan terhadap mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Khatib shalat Jumat Gamil Alam pada hari Jumat kemarin menyebut Mubarak lalim dan seorang kriminal, mengatakan sidang terhadap pemimpin rezim diktator adalah tuntutan hukum dan sah, IRIB melaporkan pada hari Sabtu ini (11/6).

Alam juga meminta rakyat Mesir untuk menjaga persatuan dan solidaritas untuk menjaga prestasi revolusi melawan konspirasi musuh.

Mubarak digulingkan pada Februari lalu setelah berminggu-minggu aksi protes anti-pemerintah yang mengakhiri tiga dekade pemerintahannya.

Diktator Mesir ini, didakwa dengan pembunuhan para aktivis revolusioner dan penyalahgunaan kekuasaan, sekarang berada dalam tahanan polisi di sebuah rumah sakit di kota wisata Laut Merah Sharm el-Sheikh.

Ia dipindahkan ke rumah sakit di pertengahan April setelah dinyatakan bahwa ia telah mengalami serangan jantung selama interogasi oleh otoritas anti-korupsi.

Menteri Kehakiman Mesir Muhammad Abdul Aziz al-Jundi mengatakan bulan lalu bahwa Israel telah berencana untuk membuka jalan bagi Mubarak agar bisa melarikan diri dari negara Afrika Utara. Jundi menuduh Tel Aviv berusaha untuk menghancurkan revolusi Mesir.

Mubarak bisa menghadapi hukuman mati jika terbukti bersalah membunuh demonstran anti-rezim selama revolusi berlangsung.(fq/prtv)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]