Thursday, June 09, 2011

Kebakaran Terdahsyat Sepanjang Sejarah Amerika

Kebakaran yang sangat dahsyat, dan kobaran api bergerak sangat cepat, mengakibatkan ribuan orang melarikan diri dari Arizona timur. Peristiwa kebakaran itu menurut catatan merupakan terbesar kedua dalam sejarah Amerika.

Api seperti cendewan raksasa itu menyapu Hutan Nasional Apache, dan membakar sekitar 389.000 hektar, ujar komandan pemadam kebakaran Joe Reinarz kepada wartawan Selasa.

Kebekara api di Arizona timur merupakan peristiwa kedua terbesar, sesudah peristiwa yang terjadi pada tahun 2005, di mana terjadi kebakaran gua Creek, yang menduduki peringkat api terbesar kedua dalam sejarah Arizona.

Kebakaran api mengakibatkan 248.310 hektar hutan yang terbakar, menurut catatan yang dipublikasikan di situs Pusat Southwest Koordinasi daerah itu. Peristiwa kebakaran pernah terjadi di tahun 2002, dan menghabiskan 468.638 hektar hutan yang hangus, ini merupakan kebakaran api Arizona terbesar, kata para pejabat.

Saat terjadi kobaran api memaksa pemerintah mengevakuasi hingga 3.000 orang Selasa, kata seorang pejabat Palang Merah. Mereka bergabung dengan 2.700 pengungsi dari di Arizona timur. Warga yang tinggal di daerah selatan Negara Highway 260 dan timur Greer, termasuk Fork Selatan dan bagian Eagar, disuruh meninggalkan rumah mereka, kata pejabat kebakaran.

"Mungkin antara 5.500 dan 5.700 orang, yang harus dievakuasi" kata Mark Weldon, juru bicara Palang Merah Arizona.

Para tim pemadam kebakaran berjuang memadamkan api, Selasa, yang membakar lebih dari 300.000 hektar.

Kobaran api yang terjadi di Arizona mulai mengancam tetangga New Mexico, dan menyebarkan asap, dan mengganggu penerbangan terganggu dan diminta tanda sisi lain perbatasan, pihak berwenang mengatakan Selasa.

New Mexico pejabat mengatakan kepada penduduk di kota Luna harus siap untuk pergi, menurut Terri Wildermuth, juru bicara Tim Manajemen Insiden dari pemadam kebakaran.

"Kadang-kadang, tidak seperti serpih besar, tetapi partikel abu kecil, yang terlihat."

Di Arizona, Palang Merah telah mendirikan pusat evakuasi di sebuah sekolah di Lakeside.

Sejauh ini, sekitar 75 pengungsi telah di evakuasi di penampungan, kata Weldon, meskipun tidak semua orang diharapkan untuk tinggal.

Lebih dari 2.000 petugas pemadam kebakaran terlibat dalam perang melawan api, bersama dengan 20 helikopter, 141 pemadam kebakaran, tender air 46 dan delapan buldoser, menurut pejabat itu.

Dinas Cuaca Nasional memperingatkan cuaca api yang berbahaya dengan kelembaban rendah dan angin kencang, akan terus berlanjut setidaknya melewati hari Rabu. Nasional Interagency mengatakan kondisi yang sama akan meningkatkan resiko kebakaran di barat daya, termasuk Arizona, New Mexico, Colorado tenggara dan barat Texas.

Tiga kebakaran terpisah dikawasan yang melewati 165.017 hektar di Coronado National Forest, salah satu yang telah terbakar sejak Mei 8, menurut InciWeb, secara online dengan database negara-negara yang aktif kebakaran hutan dan bencana lainnya.

Angin telah menghambat upaya petugas pemadam kebakaran yang telah datang dari seluruh negeri untuk membantu memadamkan kebakaran. Entah bentuk azab lagi yang menimpa rakyat Amerika. Sebelumnya, badai Katrina, dan disusul badai Tornado, yang sangat dahsyat. Sekarang disusul dengan kebakaran. (mh/cnn)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]