Wednesday, September 29, 2010

Hasil Survei: Warga Amerika Tidak Tahu Banyak Tentang Agama Mereka



Sebuah survei terbaru terkait pengetahuan warga Amerika tentang agama yang mereka anut menemukan fakta bahwa ateis, agnostik, Yahudi, dan Mormon mengungguli Protestan dan Katolik Roma dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang agama mereka, sementara banyak responden tidak bisa dengan benar menjawab hal paling prinsip dan mendasar dari agama mereka sendiri.

Empat puluh lima persen dari Roma Katolik yang berpartisipasi dalam studi ini tidak tahu bahwa, menurut ajaran gereja, roti dan anggur yang digunakan dalam Perjamuan Kudus bukan hanya simbol, tetapi menjadi tubuh dan darah Kristus.

Lebih dari separuh pemeluk Protestan tidak bisa mengidentifikasi Martin Luther sebagai orang yang terinspirasi Reformasi Protestan. Dan sekitar empat dari 10 orang Yahudi tidak tahu bahwa Maimonides, salah satu dari para rabbi dan intelektual terbesar dalam sejarah, adalah seorang Yahudi.

Survei yang dirilis Selasa kemarin (28/9) oleh Pew Forum on Religion & Public Life bertujuan untuk menguji berbagai ilmu agama, termasuk pemahaman Alkitab, ajaran inti dari berbagai agama dan tokoh-tokoh besar dalam sejarah agama. AS adalah salah satu negara yang dianggap paling religius di negara maju, terutama dibandingkan dengan sebagian besar Eropa Barat yang sekuler, tetapi pemuka agama dan para pendidik telah lama mengeluh bahwa warga Amerika masih relatif sedikit tahu tentang agama mereka khususnya Kristen dan yahudi.

Responden yang survei ditanya dengan 32 pertanyaan dengan berbagai kesulitan, termasuk apakah mereka bisa menyebut nama kitab suci umat Islam dan kitab pertama Alkitab, atau mengatakan abad keberapa agama Mormon didirikan. Rata-rata, peserta survei menjawab dengan benar hanya setengah dari pertanyaan survei.

Pengikut Ateis dan agnostik mendapat skor tertinggi, dengan rata-rata 21 jawaban yang benar, sedangkan orang Yahudi dan Mormon menyusul dengan sekitar 20 jawaban yang akurat. Protestan secara keseluruhan rata-rata hanya menjawab 16 soal yang benar, sementara Katolik menyusul dengan skor sekitar 15.

Tidak mengherankan, mereka yang mengatakan mereka menghadiri ibadah setidaknya sekali seminggu dan agama dianggap penting dalam hidup mereka sering tampil lebih baik pada survei secara keseluruhan. Namun, tingkat pendidikan adalah prediktor terbaik dari pengetahuan agama.

Pada pertanyaan tentang agama Kristen, pengikut Mormon mendapat skor tertinggi, dengan rata-rata sekitar delapan jawaban yang benar dari 12, diikuti oleh evangelis putih, dengan rata-rata lebih dari tujuh jawaban yang benar. Yahudi, bersama dengan ateis dan agnostik, mengetahui soal agama paling banyak dibanding lainnya, seperti Islam, Buddha, Hindu dan Yudaisme. Kurang dari separuh orang Amerika tahu bahwa Dalai Lama adalah penganut Buddha, dan kurang dari empat dari 10 warga ASmengetahui bahwa Wisnu dan Siwa adalah bagian dari Hindu.

Survei dilakukan terhadap 3412 orang, yang dilakukan antara bulan Mei dan Juni tahun ini, memiliki margin error plus atau minus 2,5 poin persentase, sedangkan margin kesalahan untuk kelompok agama individu lebih tinggi.(fq/boston)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]