Saturday, October 16, 2010

Kairo Serahkan Daftar Nama Petinggi Hamas yang Dilarang Pergi Haji via Mesir



Sumber keamanan di perbatasan Rafah-Gaza menegaskan jika pihak pemerintahan Mesir telah mengontak beberapa pejabat Hamas di Gaza dan telah menyerahkan daftar nama-nama petinggi Hamas yang dilarang pergi haji via Mesir.

Ketika hendak menunaikan ibadah haji ke tanah suci, Muslim Gaza mau tak mau harus melewati Mesir jika menggunakan jalur darat. Masalahnya, hanya jalur daratl via Mesirah yang dimiliki Gaza untuk bepergian keluar wilayah itu, karena tidak memiliki jalur laut dan udara.

Sumber tersebut menambahkan, nama-nama petinggi Hamas yang dicekal pemerintahan Mesir itu cukup banyak, di antaranya adalah anggota parlemen Palestina Shalah El-Bardoul, yang beberapa waktu sebelumnya mengunjungi Mesir dalam rombongan "Dialog Palestina".

Selain itu, pihak pemerintah Mesir juga meminta departemen urusan haji Gaza untuk menyerahkan daftar nama calon haji untuk diperiksa lebih lanjut di keamanan Mesir.

Menurut rencana, kementrian wakaf Palestina di Gaza akan datang ke Kairo beberapa hari ke depan, untuk menyerahkan berkas nama-nama calon haji ke pemerintahan Mesir, juga untuk mengecap paspor mereka di Kedutaan Besar Saudi Arabia di Mesir.

Jarak antara Gaza dengan Saudi Arabia sebenarnya tak terlalu jauh, hanya dipisahkan oleh Semenanjung Sinai. Namun, keadaan telah mempersulit rakyat Gaza yang hendak pergi haji. (dd/alm)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]