Tuesday, August 31, 2010

Seniman Israel Boikot Israel


Aksi boikot bukan hanya dilakukan oleh aktivis pro-Palestina di luar Israel, tapi juga oleh orang-orang Yahudi di dalam Israel sendiri. Sekira 60 aktor, penulis dan sutradara di Israel menyatakan menolak tampil di gedung pusat kebudayaan Israel yang baru dibangun di kawasan pemukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat. Penolakan itu disampaikan para seniman Israel ke Menteri Kebudayaan Limor Livnat.

Untuk acara peresmian, gedung kesenian baru yang berlokasi di pemukiman ilegal Ariel itu rencananya akan menggelar berbagai acara pertunjukkan seni sepanjang tahun ini. Namun sejumlah seniman Israel menolak untuk tampil di semua pemukiman ilegal Yahudi yang dibangun di wilayah Palestina. Mereka menyerukan group-group teater Israel untuk menggelar pertunjukannya hanya di dalam "garis hijau" atau di wilayah Israel sesuai kesepakatan perbatasan tahun 1967. Para seniman itu menyatakan, menggelar pertunjukkan di pemukiman-pemukiman ilegal hanya akan memperkuat perusahaan-perusahaan yang membiayai pemukiman-pemukiman ilegal itu.

Diantara seniman terkemuka Israel yang menandatangani petisi itu antara lain Yusuf Sweid, Rami Heuberger dan dramawan Joshua Sobol, yang karya-karya teaternya sering memenangkan penghargaan. Sobol mengatakan, ia berharap petisi berisi pernyataan boikot itu akan mengguncang publik Israel dan mendorong perubahan cara pikir manajer-manajer group teater di Israel.

Menyusul petisi itu, menajer gedung kesenian Ariel Turgeman mengatakan bahwa para aktor, penulis dan sutradara yang sudah terikat kontrak tidak boleh membatalkan rencana pertunjukkan mereka. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu bahwa sampai membawa maslaha ini dalam rapat kabinetnya dan mengatakan bahwa Israel berada dibawah serangan kelompok-kelompok internasional yang mengkampanyekan biokot Israel, termasuk serangan dari dalam Israel sendiri oleh kelompok yang juga melakukan aksi boikot.

Menteri Keuangan Israel yuval Steinitz menyarankan pemerintahan Netanyahu menarik bantuannya pada group teater yang menolak tampil di gedung keseniang Aruel. Steinitz menyebut tindakan para seniman yang melakukan boikot sebagai sabotase terhadap negara Israel. (ln

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]