Tuesday, May 18, 2010

Dr. Hasan Turabi Ditahan


Pemimpin oposisi Sudan Dr. Hasan Turabi ditahan. Sebelumnya Turabi mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan presiden Hasan al-Bashir. Turabi sendiri dulunya adalah seorang tokoh Gerakan Ikhwan di Sudan, dan berpisah dengan Presiden Sudan al Bashir, sejak perebutan kekuasaan di tahun 1999-2000, dan sesudah dikeluarkan dari penjara, mantan tokoh Ikhwan itu menjadi kekuatan oposisi di Sudan.

Turabi ditangkap di rumahnya Sabtu malam, sebulan setelah ia dan partainya Populer Kongres Partai (PCP) ikut dalam pemilihan umum nasional.

Turabi dituduh mempunyai hubungan dengan pemberontak di Darfur JEM (Justice and Equality Movement), yang telah dibantah anaknya Siddiq al-Turabi, Minggu kemarin. Tuduhan itu dianggap hanyalah alasan pemerintah untuk menangkap dan menahan Turabi.

Sedangkan menurut Kamal Omar kepada Reuter, Turabi adalah seorang ideolog gerakan Islam, yang telah beberapa kali ditahan dan karena perbedaan dengan Presiden. Sekarang Turabi di tahan tahanan Kober, di ibukota Khartoum.

PCP akan melakukan pembelaan atas penahanan Dr.Turabi yang sudah berusia 78 tahun, yang menjadi pemikir dan tokoh gerakan Ikhwan di negeri itu. Selain itu, kondisi kesehatan Turabi dalam keadaan yang buruk. (wb/m)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]