Wednesday, January 05, 2011

Lima Ribu Warga Inggris Masuk Islam Setiap Tahunnya



Jumlah warga Inggris yang memilih untuk menjadi Muslim telah naik hampir dua kali lipat dalam satu dekade terakhir, menurut salah satu upaya penelitian yang paling komprehensif untuk memperkirakan berapa banyak orang yang memeluk Islam.

Setelah penyebaran global kekerasan atas nama Islam, Muslim Inggris menghadapi pengawasan, kritik dan kecaman lebih daripada komunitas agama lain. Namun, meskipun penggambaran yang lebih sering negatif tentang Islam, ribuan warga Inggris yang mengadopsi agama Islam meningkat setiap tahunnya.

Memperkirakan jumlah mualaf yang saat ini tinggal di Inggris masih sulit karena data sensus tidak membedakan antara apakah seseorang telah mengadopsi keyakinan baru mereka atau masih melihat dari data agama lahir mereka. Perkiraan sebelumnya telah menempatkan jumlah Muslim mualaf di Inggris di antara 14.000 hingga 25.000.

Namun penelitian terbaru menunjukkan angka yang sebenarnya bisa mencapai 100.000, dengan sebanyak 5.000 warga Inggris masuk Islam secara nasional setiap tahunnya.

Dengan tidak ada sensus baru yang direncanakan sampai tahun depan, peneliti yang mensurvei masjid di London mencoba untuk menghitung berapa banyak konversi terjadi yang berlangsung dalam setahun.

Hasilnya memberikan angka 1.400 konversi di ibukota dalam 12 bulan terakhir yang hal itu berarti ada sekitar 5.200 orang yang masuk Islam setiap tahunnya. Angka-angka tersebut sebanding dengan penelitian di Jerman dan Perancis yang menemukan bahwa ada sekitar 4.000 orang yang masuk Islam dalam setahun.

Fiyaz Mughal, direktur Faith Matters, mengakui bahwa peningkatan dengan estimasi yang wajar jumlah orang yang masuk Islam adalah sangat sulit.

"Laporan ini adalah 'perkiraan' intelektual terbaik yang menggunakan nomor sensus, data otoritas lokal dan polling dari masjid," katanya.

Menjadi pertanyaan mengapa banyak orang masuk Islam dalam jumlah besar, dia menjawab: "Saya pikir pasti ada hubungan antara peningkatan jumlah orang yang masuk Islam dan keunggulan Islam dalam domain publik. Orang-orang tertarik untuk mencari tahu apa itu Islam dan ketika mereka melakukan itu mereka pergi ke arah yang berbeda. Kebanyakan mengangkat bahu mereka dan kembali ke kehidupan mereka tetapi beberapa orang pasti akan berakhir dengan menyukai apa yang mereka temukan dan mereka akan mengkonversi diri dengan masuk Islam. " (fq/independent)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]