Saturday, December 25, 2010

Laporan: Jurang Antara si Kaya dan si Miskin di AS Semakin Melebar

Sebuah laporan terbaru oleh Lembaga Kebijakan Ekonomi (EPI) telah mengungkapkan bahwa kesenjangan antara orang kaya dan miskin di Amerika Serikat semakin melebar.

Laporan EPI mengatakan bahwa kesenjangan terbesar itu ada sejak survei dimulai pada tahun 1962, CNN melaporkan pada hari Jumat kemarin (24/12).

Laporan ini menunjukkan bahwa sebanyak satu persen dari rumah tangga AS yang paling kaya memiliki 225 kali lebih banyak uang dibandingkan rumah tangga rata-rata.

Menurut survei, angka itu hampir dua kali lipat sejak tahun 1960-an. Survei terakhir dilakukan pada tahun 2007, telah mengungkapkan bahwa satu persen orang terkaya memiliki 181 kali uang lebih banyak dari rata-rata rumah tangga biasa, sedangkan pada tahun 1960 angka itu hanya 125 kali rata-rata rumah tangga.

Resesi ekonomi global juga memukul rata-rata warga AS lebih keras, dengan aset mereka menurun 41 persen sejak tahun 2007. Sedangkan orang kaya hanya kehilangan 27 persen pada periode waktu yang sama.

Pada tahun 2009, satu persen orang terkaya memiliki uang rata-rata 14 juta dolar, sedangkan rata-rata warga AS biasa memiliki aset rumah tangga sekitar 62.200 dolar.

Dalam menghitung aset rumah tangga, EPI juga menghitung termasuk kepemilikan rumah. Rata-rata warga AS telah jauh lebih menderita akibat dari efek jatuhnya harga properti daripada orang kaya, kata laporan itu. (fq/prtv)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]