Wednesday, January 20, 2010

AS Menang Perang di Afghanistan? Kalahkan Taliban Dulu!

Apa yang diperlukan AS untuk memenangkan perang di Afghanistan? Menurut Jenderal Stanley McChrystal, sederhana: temukan Usama bin Laden dan Taliban.

Tampaknya AS sudah kebingungan mencari alasan apalagi untuk invasi ke Afghanistan. Sebelum pemilu Afghan pada 20 Agustus silam, AS mengatakan keberadaannya di negara itu hanya seusai pemilu. Pemilu empat bulan berakhir, 30 ribu tentara pasukan malah kembali diberangkatkan oleh presiden AS, Barack Obama.

Selain mencari alasan untuk pembenaran invasi mereka, AS juga sibuk mencari alasan bagaimana memenangkan perang tersebut. “Kita akan bisa mengalahkan Al Qaidah sampai kita menangkap Usama bin Laden.” Ujar McChrystal kepada Senate Armed Services Committee. Tapi, tambahnya, bin Laden bersembunyi di luar perbatasan. “Itu di luar kekuasaan (mandat) saya.”

Menurut McChrystal, mau tak mau bin Laden sudah menjadi ikon dari perjuangan rakyat Afghanistan dan Taliban. McChrystal juga mengatakan bahwa sangat penting untuk menekan Taliban dan menguatkan kekuatan keamanan Afghanistan.

Tapi Jenderal, bagaimana bisa menangkap Usamah? Apakah benar Usamah bin Ladin dan Al Qaidah itu berada di Afghanistan? Atau, mampukah AS menghancurkan Taliban? (sa/cnn)

No comments:

ALQURAN & RECITATION

Quran Explorer - [Sura : 1, Verse : 1 - 7]